Jumat, 20 November 2009

PELATIHAN MANAGERIAL



PELATIHAN MANAGERIAL

Pemerintah Provinsi Jawa Timur selalu berupaya untuk memperkuat jaringan pemberdayaan masyarakat melalui teknologi informasi. Pembangunan empat telecenter di Jawa Timur pada 2006, melengkapi jumlah telecenter yang dibangun atas kerjasama antara Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten/Kota menjadi 6 buah.
Empat buah telecenter baru yang berlokasi di Kabupaten Situbondo, Lamongan, Tuban dan Pamekasan merupakan telecenter generasi kedua.

Keberhasilan telecenter dalam memberdayakan masyarakat, sangat dipengaruhi oleh kemampuan para pengelolanya dalam memetakan potensi dan merespon kebutuhan masyarakat untuk kemudian difasilitasi melalui pemberdayaan informasi. Dalam rangka memberikan pembekalan kepada para pengelola telecenter, BPDE menyelenggarakan pelatihan manajerial bagi para pengelola telecenter baru tersebut. Pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari dilaksanakan di Desa Pasru Jambe, tepatnya di Telecenter Semeru Lumajang yang diikuti oleh 24 orang dari enam telecenter, meliputi empat telecenter yang dibangun Pemprov bersama Pemkab dan dua telecenter yang terdahulu.

Empat unit telecenter baru yang dibangun oleh Pemprov Jatim bersama Pemkab pada 2008 ini adalah: 1. Telecenter Pasir Putih Kabupaten Situbondo, 2. Telecenter Sunan Drajat Kabupaten Lamongan, 3. Telecenter Global Kabupaten Pamekasan, 4. Telecenter Prameta Kabupaten Tuban. Sedangkan dua telecenter yang telah dibangun terdahulu Telecenter Muneng Kabupaten Madiun dan Telecenter Semeru Kabupaten Lumajang.

Penanggungjawab pembangunan telecenter Jawa Timur, Ir. Miswan Hadi dalam laporan pembukaan mengatakan bahwa, "Pelatihan manajerial ini merupakan bagian dari paket kegiatan pembangunan telecenter dengan harapan dapat memberikan tambahan wawasan dan ketrampilan, sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas dilapangan. Pelatihan yang dipandu oleh para praktisi pemberdayaan, lebih diarahkan pada aspek implementasi, termasuk praktek lapangan untuk melakukan perencanaan bersama masyarakat melalui materi Mengenal Desa Sendiri (MDS)".


0 KOMENTAR TERBAIK:

Posting Komentar