Jumat, 20 November 2009

Sosialisasi Telecenter Pasir Putih


Sosialisasi Telecenter Pasir Putih


Hari ini (7 Nopember 2006), penggunaan teknologi informasi dan komunikasi internet, telecenter bagi masyarakat miskin pedesaan di Jatim resmi beroperasi. Dengan telecenter diharapkan dapat meningkatkan akses informasi kepada masyarakat pedesaan tentang kesehatan, pendidikan, maupun informasi pasar.

Peresmian yang ditandai dengan Sosialisasi yang dihadiri oleh Bapak Bupati Situbondo, Jajaran Muspida, Jajaran Muspida, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan Kepala Badan Pengelolaan Data Elektronik (BPDE) Propinsi Jatim, Ir Asianti Oetojo S MSi, Dalam Sosialisasi ibu Ir Asianti Oetojo S MSi, mengatakan bahwa pemerintah kabupaten (pemkab) yang daerahnya dijadikan lokasi berdirinya telecenter diharapkan dapat memberikan bantuan, baik sumber daya manusia maupun dana operasional supaya penggunaan telecenter tidak mengalami stagnan (kemandekan). “Mengutip pernyataan Presiden SBY, bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan tepat akan menjadikan masa depan cerah dan membuat kehidupan lebih maju bagi masyarakat,” katanya.

Lokasi telecenter berada di Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo dengan nama Tekhnologi Informasi Komunikasi Masyarakat Desa ( TIKMD ) telecenter Pasir Putih.

Untuk suksesnya penyelenggaraan telecenter bagi kegiatan pemberdayaan masyarakat, memperhatikan dua hal utama yakni bagaimana telecenter dapat benar-benar membantu dan bermanfaat bagi orang miskin dalam mendapatkan penghasilan. Langkah yang akan diambil adalah memerlukan ide-ide inovatif pemanfaatan telecenter dan kemitraan serta partisipasi masyarakat, pemerintah, kalangan akademisi, LSM dan swasta. “Inilah yang menjadi dasar pemikiran diselenggarakannya workshop ini, yakni mencari mitra-mitra yang dapat bekerjasama dengan telecenter. Yakni, kegiatan sosial dan bisnis seperti pengembangan informasi, pelatihan, pengadaan pelayanan, perbaikan produksi, peningkatan jumlah kemasan, dan pemasaran,” tuturnya.

Sekadar diketahui, di setiap lokasi proyek percontohan telecenter dilengkapi dengan delapan unit komputer, dua unit printer, jaringan dan sambungan ke internet. Telecenter juga menyediakan perangkat multimedia seperti televisi, camera digital, VCD, CD Rom, LCD dan lain-lain untuk dimanfaatkan secara penuh oleh masyarakat. Masyarakat yang ingin menikmati telecenter akan didampingi operator (tenaga administrasi teknologi informasi) berpengalaman.

Layanan di telecenter terdapat layanan dasar (email, informasi situs, chatting, mailing list, dan printing). Selain itu, masyarakat juga diberikan pelatihan komputer, internet dan pengenalan dasar tekhnologi informasi komunikasi, Diberikan kemudahan dalam pencarian dan penayangan informasi pertanian, pendidikan, kesehatan, perdagangan/usaha dan pariwisata.

Di lokasi telecenter masyarakat juga dapat melakukan promosi acara lokal, juga layanan untuk UKM, layanan pemerintah, perkumpulan (karang taruna, olahraga, bisnis, arisan, kesenian/kerajinan), perpustakaan, koran atau majalah masyarakat on-line.

0 KOMENTAR TERBAIK:

Posting Komentar