Selasa, 17 November 2009

Selayang Pandang

Telecenter “PASIR PUTIH

Jalan Raya Pasir Putih Desa Bletok Kecamatan Bungatan

( (0338) 391024 Kabupaten Situbondo 68358

Email : tc_pasput@yahoo.com

Web : www.indonetwork.co.id/tc_pasir_putih



Apa Itu Telecenter ?
Telecenter adalah sebuah wahana / tempat yang menyediakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Telecenter Pasir Putih menyediakan fasilitas internet yang bisa digunakan oleh seluruh warga Desa Bletok pada khususnya atau warga sekitar Desa Bletok pada umumnya untuk mendapatkan dan menyebarluaskan informasi mengenai berbagai hal seperti : Kerajinan, Perikanan, Pertanian, Peternakan, Pendidikan, Kesehatan dan lain – lain.

Tujuan di Dirikannya Telecenter ?

Pendirian telecenter di daerah pedesaan merupakan program pengembangan komunitas lokal dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), untuk itu sebagaimana maksud dan tujuan dibangunnya telecenter, diharapkan telecenter mampu :

1. Memberdayakan Masyarakat dengan kemudahan akses terhadap informasi dasar seperti informasi pasar, pertanian, perdagangan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain;

2. Meningkatkan Kemampuan Masyarakat dalam hal mengakses informasi penggunaan komputer, manajemen telecenter dan lain-lain melalui pelatihan-pelatihan;

3. Mendorong Masyarakat untuk meningkatkan perekonomian setempat dengan kegiatan pembangunan komunitas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi;

4. Mengembangkan Kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk membangun komunitas lokal.


Apa Yang Disediakan di Telecenter Pasir Putih ?

Telecenter Pasir Putih mempunyai 8 unit komputer, 2 unit printer, 1 buah kamera digital, 1 buah Televisi, 1 buah DVD Player, dan 1 unit perangkat LCD Projector. Semua komputer terhubung dengan jaringan internet.


Bagaimana Kalau Saya Tidak Bisa Menggunakan Komputer / Internet ?

Telecenter Pasir Putih menyediakan fasilitas training (pelatihan) berupa pengenalan singkat ke komputer, pembelajaran MS. Word dan internet. Kalau anda sama sekali tidak bisa mengoperasikannya, petugas operator kami akan siap melayani.


Apa Keuntungannya Bagi Masyarakat Desa ?

Telecenter Pasir Putih menyediakan fasilitas internet yang digunakan untuk mencari segala informasi yang dibutuhkan dan dapat pula digunakan oleh masyarakat desa untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian melalui korespondensi dengan orang lain atau perusahaan di berbagai penjuru dunia baik Informasi terkini maupun informasi terlama bisa didapat dan dikirimkan dengan cepat. Selama ini masalah yang dihadapi oleh masyarakat desa disebabkan kurangnya informasi yang baru dan tepat.


Siapa Yang Bisa Memanfaatkan ?

Siapa saja yang berminat mencari informasi baik dalam meningkatkan kesejahteraan ataupun pendidikan bisa memanfaatkan fasilitas internet di telecenter. Contohnya petani, peternak, pengrajin, pedagang, guru, murid, pegawai, dan siapapun bisa mendapatkan manfaat dari internet asal positif thinking .


Apakah Penduduk di Luar Desa Bletok Boleh Memanfaatkannya ?

Boleh, Telecenter Pasir Putih menyediakan waktu untuk pelayanan umum. Masyarakat di luar Desa Bletok maupun Kecamatan Bungatan dapat memanfaatkannya terlebih – lebih dari luar Kabupaten situbondo.


Bagaimana Internet Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Desa ?

Internet hanya menjadi sarana. Telecenter Pasir Putih menyediakan sarana informasi dan mengajak masyarakat desa untuk berhubungan dengan pihak lain dalam bentuk pelatihan dan kemitraan. Informasi dari internet berfungsi sebagai langkah awal untuk menyelesaikan masalah yang kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan yang lain.


Apakah Ada Sisi Negatif Dari Internet ?

Ibarat sebuah pedang, yang bisa berfungsi sebagai alat pelindung tetapi juga bisa menjadi alat penganiaya. Demikian juga internet bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi yang berguna tetapi bisa juga disalahgunakan untuk hal – hal yang negatif. Telecenter Pasir Putih dikelola dengan prinsip memanfaatkan kegunaan positif dengan mengontrol kemungkinan penyalahgunaan internet.


Kapan Saya Dapat Memanfaatkannya ?

Telecenter Pasir Putih terletak di Jalan Raya Pasir Putih Desa Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Buka setiap hari kerja dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB.


Berapa Biayanya ?

Rp 2.000 /jam

0 KOMENTAR TERBAIK:

Posting Komentar