Senin, 30 November 2009

Pelatihan Komputerisasi Tutor PAUD dan TK se Kecamatan Bungatan

|0 KOMENTAR TERBAIK


Pelatihan Komputerisasi Tutor PAUD dan TK se Kecamatan Bungatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Nopember 2007. Pelatihan ini diikuti oleh 12 orang Tutor PAUD dan TK se Kecamatan Bungatan dengan materi Pengenalan Ms. Word dan Pengenalan Dasar Internet (Browsing dan e-mail).



Pelatihan ini ditekankan guna membantu Tutor PAUD dan TK untuk membuat Materi Pelajaran yang lebih baik dan menarik bagi anak didiknya. Pelatihan Komputerisasi Tutor PAUD dan TK se Kecamatan Bungatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB dan mendapatkan respons yang positif.

Pelatihan Jurnalistik

|0 KOMENTAR TERBAIK


Pelatihan Jurnalistik di BPDE Propinsi Jawa Timur diikuti oleh 10 telecenter dari Telecenter tahun pertama sampai dengan Telecenter tahun ke 3 yang merupakan pengelola telecenter di jawa timur. Sebelum dilakukan pelatihan jurnalistik terlebih dahulu dikenalkan bagaimana caranya membuat berita dengan menggunakan rumus 5W + 1H (Who, Why, What, When and Where + How). Salah seorang Nara Sumber Bapak Endramawan Suroto yang telah berkecimpung di dunia jurnalistik baik media elektronik maupun media cetak.



Pelatihan Jurnalistik ini berlangsung selama 2 hari. Diharapkan setelah pelatihan jurnalistik ini mampu mendorong dan memotivasi pengelola telecenter untuk membuat berita yang lebih baik dan mudah dipahami oleh pembaca baik di dunia maya ataupun di dunia cetak.

Senin, 23 November 2009

WORKSHOP PENYAJIAN PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI KTSP BAGI KKG DAN GURU KELAS SEKOLAH DASAR

|0 KOMENTAR TERBAIK


WORKSHOP PENYAJIAN PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI KTSP
BAGI KKG DAN GURU KELAS SEKOLAH DASAR
13 – 15 MARET 2008


Workshop Penyajian Perangkat Pembelajaran Yang Berorientasi Ktsp Bagi KKG Dan Guru Kelas Sekolah Dasar se Kecamatan Bungatan dan dilaksanakan di SDN 3 Bungatan serta SDN 1 Selowogo Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Acara ini diikuti oleh 150 peserta selama 3 hari (13-15 Maret 2008). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan mengenai Perangkat Pembelajaran yang menggunakan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).



Telecenter Pasir Putih bekerjasama dengan Gugus Sekolah 03 Bungatan hanya membantu memfasilitasi media yang dipunyai oleh telecenter.


STUDY BANDING TELECENTER MANDIRI

|0 KOMENTAR TERBAIK


STUDY BANDING TELECENTER MANDIRI


Tim Pengelola Telecenter Mandiri Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso mengadakan Study Banding ke Telecenter Pasir Putih Desa Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo pada tanggal 1 Maret 2008. Tujuan diadakan Study Banding ini adalah :



1.Mengenal saudara terdekat Telecenter Mandiri
2.Menyamakan Visi dan Misi Telecenter
3.Saling memberikan Krtik dan Saran mengenai Kinerja Telecenter
4.Melihat secara langsung Kegiatan yang diadakan di Telecenter Pasir Putih.

Kegiatan Study Banding berakhir dengan acara makan bersama yang berguna untuk mempererat hubungan antar pengelola telecenter di Jawa Timur.


Pembelajaran Teknologi Informasi Bagi Masyarakat se Kabupaten Situbondo

|0 KOMENTAR TERBAIK


Pembelajaran Teknologi Informasi Bagi Masyarakat se Kabupaten Situbondo

Acara Pembelajaran Teknologi Informasi Bagi Masyarakat se Kabupaten Situbondo ini dilaksanakan atas kerjasama Dinas Komunikasi Informasi dan PDE Kabupaten Situbondo serta Telecenter Pasir Putih pada tanggal 27 sampai 28 Desember 2007 di Balai Desa Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo tepatnya di Kantor Telecenter Pasir Putih.

Acara ini dilaksanakan guna memberikan pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Internet kepada masyarakat se kabupaten situbondo.
Pembelajaran yang diberikan kepada masyarakat antara lain :
1.Pembelajaran Pengenalan Windows
2.Pembelajaran Pengenalan Ms. Word
3.Pembelajaran Pengenalan Ms. Excel
4.Pembelajaran Pengenalan Power Point
5.Pembelajaran Pengenalan Internet (Browsing, E-mail, Chatting)



Selain pembelajaran yang dilaksanakan dalam acara tersebut juga diadakan praktek dengan menggunakan computer di telecenter pasir putih pada hari kedua (28 Desember 2007).
Acara tersebut dihadiri oleh :
1.Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan PDE Kabupaten Situbondo
2.Kepala Seksi PDE Kabupaten Situbondo
3.Kepala Desa se Kecamatan Bungatan
4.Tokoh Pemuda se Kecamatan Bungatan
5.Tokoh Masyarakat se Kecamatan Bungatan, dan
6.UKM se Kecamatan Bungatan

KKN MAHASISWA UGM YOGYAKARTA

|0 KOMENTAR TERBAIK
KKN MAHASISWA UGM YOGYAKARTA

Peserta KKN Mahasiswa UGM yogyakarta yang ditempatkan di Kecamatan Bungatan berjumlah 13 orang yang ditempatkan di 3 desa :

1.Desa Bletok sejumlah 5 orang
2.Desa Bungatan sejumlah 4 orang, dan
3.Desa Selowogo sejumlah 4 orang.

Kegiatan Peserta KKN Mahasiswa UGM yogyakarta yang dilaksanakan di kecamatan bungatan selama 3 bulan mulai bulan juni sampai awal September tahun 2007. kegiatan yang utama dilakukan oleh Peserta KKN Mahasiswa UGM yogyakarta di Desa Bletok adalah mengadakan pembelajaran kepada warga masyarakat yang tidak mampu membaca. Kebetulan Peserta KKN Mahasiswa UGM Yogyakarta Desa Bletok mempunyai home stay yang dekat dengan Telecenter Pasir Purtih, sehingga Tim Pengelola Telecenter Pasir Putih dapat bekerjasama dengan Peserta KKN Mahasiswa UGM yogyakarta.
Beberapa kerjasama antara Tim Pengelola Telecenter Pasir Putih dengan Peserta KKN Mahasiswa UGM yogyakarta.adalah :
1.Membantu Peserta KKN Mahasiswa UGM yogyakarta.yang mengadakan pembelajaran kepada warga masyarakat tidak mampu membaca
2.Mengadakan acara HUT RI ke 62 yang diikuti oleh peserta didik Telecenter Pasir Putih serta masyarakat desa bletok
3.Membantu memberikan APE (Alat permainan edukatif) Dalam serta mengajar anak didik PAUD Mawar Desa Bletok
4.Membantu mensosialisasikan visi dan misi Peserta KKN Mahasiswa UGM yogyakarta.
5.Dan lain-lain.




Peserta KKN Mahasiswa UGM yogyakarta bersama Telecenter Pasir Putih dan Bapak Seketaris Kecamatan Bungatan.

Sabtu, 21 November 2009

Pembangunan Gedung Telecenter Pasir Putih

|0 KOMENTAR TERBAIK

Gedung Ex Pasir Putih


Pembangunan Gedung Telecenter Pasir Putih

Telecenter Pasir Putih akhirnya mempunyai sebuah gedung baru. Gedung yang selesai dibangun dalam waktu kurang lebih 4 bulan (10 Agustus sampai dengan 10 Desember 2007) dengan Anggaran dari Dana Alokasi Umum Tahun 2007 yang menempati gedung ex BRI Mlandingan dan berdiri diatas tanah milik kas Desa Bletok. Sebagai pelaksana pembangunan gedung tersebut Dinas Cipta karya kabupaten Situbondo menunjuk Kontraktor CV. Mitra Cipta Karya dan Perencana CV. Wicaksono Konsultan sebuah perusahaan yang tentunya sudah berpengalaman dalam urusan property.


Pembangunan Gedung Telecenter Pasir Putih


Gedung tersebut rencananya akan dipergunakan untuk Teknologi Informasi Komunikasi Masyarakat Desa Telecenter Pasir Putih yang berada di bawah Bimbingan Dinas Komunikasi Informasi dan PDE Kabupaten Situbondo dalam hal Pemberdayaan Masyarakat Melalui Teknologi Informasi.


Gedung Telecenter Pasir Putih yang baru

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)

|0 KOMENTAR TERBAIK


Musyawarah Masyarakat Desa
Desa Bletok dan Desa Mlandingan Wetan Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo


Pada Tanggal 16 Mei 2009, bertempat di Desa Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo jam 08.00 wib dilaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa oleh Fasilitator Desa Siaga Sri Anawati. Pertemuan ini dihadiri oleh Pimpinan Puskesmas Kecamatan Bungatan beserta beberapa orang staf Puskesmas Batang Kulur, Kepala Desa Bletok, serta kader desa siaga, dan kader posyandu di desa Bletok. Penyampaian Musyawarah Masyarakat Desa ini di sampaikan oleh Fasilitator desa siaga, para peserta pun serius menyimak penjelasan yang diberikan. “Musyawarah Masyarakat Desa ini sebenarnya adalah kelanjutan dari Sosialisasi Desa Siaga bulan yang lalu..
Pada saat musyawarah masyarakat desa berlangsung seru, karena beragam sekali tanggapan dan pendapat peserta yang akan memilih calon pengurus desa siaga di desa tamiyang. Akhirnya didapatkan hasil dari musyawarah tersebut nama-nama pengurusnya.




Prioritas Masalah yang harus segera ditangani setelah Musyawarah Masyarakat Desa ini adalah :
• Kesehatan Lingkungan :
1. Kebisaan masyarakat membuang kotoran ternak
2. Cuci tangan setelah BAB
• Diare :
Pengetahuan masyarakat tentang pertolongan pertama pada diare
• TBC :
Kebiasaan merokok dalam masyarakat
• Kadarzi :
Kebiasaan masyarakat di dalam penggunaan garam beryodium
• Imunisasi :
Masih ada balita yang tidak di imunisasi dengan alasan REWEL

SOSIALISASI PENGEMBANGAN DESA SIAGA

|0 KOMENTAR TERBAIK


SOSIALISASI PENGEMBANGAN DESA SIAGA

Sosialisasi Pengembangan Desa Siaga di Desa Bletok dan Desa Mlandingan Wetan ini dapat terselanggara berkat kerjasama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo dan Puskesmas Kecamatan Bungatan serta Telecenter Pasir Putih.



Sosialisasi Pengembangan Desa Siaga di Desa Bletok dan Desa Mlandingan Wetan ini diadakan pada tanggal 3 April 2007 dan tanggal 9 April 2007.

Sekelumit tentang Desa Siaga :
Desa Siaga adalah desa yang seluruh penduduknya siap tanggap dalam mengahadapi bencana, masalah2 kesehatan, memandirikan masyarakat dalam pengembangan prilaku hidup bersih dan sehat diwilayahnya!

Kriteria Desa Siaga apabila desa tersebut telah memiliku sekurang2 nya sebuah POSKESEDES (Pos Kesehatan desa). POSKESDES merupakan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yg dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa!

Yang terlibat dalam pengembangan Desa Siaga adalah
- Bidan Desa (PUSKESMAS)
- Kepala Desa
- Kader Kesehatan
- Tokoh Masyarakat
- Tokoh Agama
- Karang Taruna
- Aparat Desa
- Dukun Beranak
- masyarakat

Kunjungan Bapak Kepala Desa Cindogo

|0 KOMENTAR TERBAIK
Kunjungan Bapak Kepala Desa Cindogo



Pada tanggal 16 Maret 2007 Telecenter Pasir Putih mendapatkan kunjungan Bapak Kepala Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso yang mempunyai tujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai Tugas, Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) Telecenter Pasir Putih serta Telecenter Jawa Timur pada umumnya. Hal ini dikarenakan pada tahun 2007 di Desa Cindogo akan dibentuk Telecenter “Mandiri” yang bekerjasam dengan Badan Pengelola Data Elektronik Propinsi Jawa Timur.

KUNJUNGAN GUBERNUR JAWA TIMUR KE KECAMATAN BUNGATAN KABUPATEN SITUBONDO

|0 KOMENTAR TERBAIK
KUNJUNGAN GUBERNUR JAWA TIMUR KE KECAMATAN BUNGATAN KABUPATEN SITUBONDO

Bapak Gubernur Jawa Timur, Imam Utomo dan Ibu Aniek Imam Utomo beserta rombongan yang juga didampingi oleh Bapak Bupati Situbondo beserta Ibu Hj. Ridho Ismunarso dan Bapak Wakil Bupati Situbondo Drs. H. Suroso, M.Pd beserta jajarannya siang kemarin pada tanggal 28 Februari 2007 melakukan kunjungan ke Kabupaten Situbondo dengan agenda sebagai berikut :

> Transit dilanjutkan Peninjauan Pameran Dekranasda, PAM DKB Gakinsus, KF; > Peresmian TK Pembina dengan Penandatangan Prasasti Oleh Gubernur Jawa Timur, dan Pengguntingan Untaian Melati oleh Ibu Hj Aniek Imam Utomo kemudian dilanjutkan peninjauan ( Ruang TK dan Kegiatan Posyandu, dan PAUD ). Pada kegiatan kunjungan ini awalnya disambut dengan tari dan musik dari anak-anak TK dan Laporan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo; > Peninjauan Rehab Sekolah Dasar; di SDN II Besuki; > Peninjauan Pelayanan KB gratis; di Besuki; > Peninjauan Jembatan PAM-DKP di Desa Jetis, Kecamatan Besuki; > Penanaman Padi Hibrida dan Dialog dengan Petani di Desa Mlandingan, Kecamatan Mlandingan; > Peninjauan kegiatan Telecenter Pasir Putih di Desa Bletok, Kecamatan Bungatan; > Peninjauan Aktivitas UPK ( Gerdu Taskin ) di Desa Sumber Tengah, Kecamatan Bungatan; > Peninjauan Pelayanan inseminasi Buatan, pemeriksaan kehamilan dan pemeriksaan kesehatan sapi di Tempat penggemukan Sapi Situbondo; > Pertemuan dengan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) di Gedung serba Guna Pasir Putih ( secara protokoler dengan susunan acara Pembukaan, Laporan Bupati Situbondo, Penyerahan Bantuan-bantuan, dan Sambutan Gubernur Jatim dilanjutkan Dialog ); > Gubernur Jawa Timur beserta Ibu Hj. Aniek Imam Utomo di dampingi Bupati Situbondo beserta Ibu Hj. Ridho Ismunarso dan rombongan menuju tempat istirahat. ( ISHOMA ); > Gubernur Jawa Timur beserta Ibu Hj. Aniek Imam Utomo dan rombongan dilepas Bupati Situbondo beserta Ibu Hj. Ridho Ismunarso, Ketua DPRD, dan Anggota MUSPIDA Kabupaten Situbondo menuju Surabaya.

Pada pukul 11.40 WIB Bapak Gubernur Jawa Timur, Imam Utomo dan Ibu Aniek Imam Utomo beserta rombongan berada di Desa Bletok Kecamatan Bungatan dan langsung menuju Balai Desa Bletok. Di Balai Desa Bletok Bapak Gubernur mengunjungi dan melihat langsung stand Pengelolaan Ikan yang telah berhasil meraih juara I tingkat Nasional milik UD. MINA MELATI yang dipimpin oleh Ibu Hosnaini. Selang beberapa menit kemudian Bapak Gubernur melihat stand Bantuan Jala yang diberikan oleh Dinas Sosial.


Stand Pengelolaan Ikan " MINA MELATI "

Setelah mengunjungi 2 ( dua ) stand yang berada di Balai Desa Bletok, Bapak Gubernur beserta rombongan meninjau ke Telecenter Pasir Putih. Di Telecenter Pasir Putih Bapak Gubernur menanyakan kegiatan dan hasil yang telah dilakukan oleh pengelola kepada masyarakat. Setelah mendapatkan penjelasan Bapak Gubernur beserta rombongan melanjutkan kembali jadwal kunjungan yang telah tersusun.

Setelah berada di Desa Bletok ± 20 menit Bapak Gubernur Jawa Timur, Imam Utomo dan Ibu Aniek Imam Utomo beserta rombongan melakukan kunjungan untuk meninjau Aktivitas UPK ( Gerdu Taskin ) di Desa Sumber Tengah Kecamatan Bungatan.


Bapak Gubernur Imam Utomo Mengunjungi Stand Bantuan Jala Ikan

Kunjungan sehari Gubernur Jawa Timur beserta rombongan di Kabupaten Situbondo siang kemarin secara keseluruhan berlangsung lancar dan sesuai jadwal. Gubernur Jawa Timur terkagum – kagum ketika menyaksikan kegiatan secara langsung di Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini berakhir pada pukul 15.05 WIB. Setelah mengadakan pertemuan dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Gedung serba Guna Pasir Putih Kecamatan Bungatan dengan agenda menyerahkan Bantuan yang dilanjutkan Dialog.


Bapak Gubernur Meninjau Ruang Operasional Telecenter Pasir Putih

Tepat pukul 16.00 WIB Bapak Gubernur Jawa Timur, Imam Utomo dan Ibu Aniek Imam Utomo beserta rombongan dilepas oleh Bapak Bupati Situbondo beserta Ibu Hj. Ridho Ismunarso dan Bapak Wakil Bupati Situbondo Drs. H. Suroso, M.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Situbondo serta Anggota MUSPIDA Kabupaten Situbondo menuju Surabaya.

Jumat, 20 November 2009

Telecenter sebagai Mitra Masyarakat

|0 KOMENTAR TERBAIK


Telecenter sebagai Mitra Masyarakat


Program pengenalan komputer kepada petani ini merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Telecenter Pasir Putih bekerjasama dengan HIPPA UMBARAN WONGSO PATI Desa Bletok Kecamatan Bungatan yang diketuai oleh Bapak SAM HAJI dan BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Demung untuk memajukan petani Desa. Program lainnya adalah akses informasi teknologi pertanian, akses informasi pasar pertanian, yang kesemuanya berbasis internet.

Sejak diresmikannya pada 7 Nopember 2006, perkembangan Telecenter Pasir Putih sangat pesat. Rata-rata pengunjung per harinya mencapai 25 orang. Pengunjungnya pun bervariasi, seperti pelajar, perangkat desa, perangkat kecamatan, tokoh masyarakat dan masyarakat umum.

Banyak pengunjung yang datang ke telecenter tak lepas dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh Team Telecenter Pasir Putih untuk menjadi mitra masyarakat dan siap membantu semua lapisan masyarakat yang membutuhkan informasi.


PELATIHAN MANAGERIAL

|0 KOMENTAR TERBAIK


PELATIHAN MANAGERIAL

Pemerintah Provinsi Jawa Timur selalu berupaya untuk memperkuat jaringan pemberdayaan masyarakat melalui teknologi informasi. Pembangunan empat telecenter di Jawa Timur pada 2006, melengkapi jumlah telecenter yang dibangun atas kerjasama antara Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten/Kota menjadi 6 buah.
Empat buah telecenter baru yang berlokasi di Kabupaten Situbondo, Lamongan, Tuban dan Pamekasan merupakan telecenter generasi kedua.

Keberhasilan telecenter dalam memberdayakan masyarakat, sangat dipengaruhi oleh kemampuan para pengelolanya dalam memetakan potensi dan merespon kebutuhan masyarakat untuk kemudian difasilitasi melalui pemberdayaan informasi. Dalam rangka memberikan pembekalan kepada para pengelola telecenter, BPDE menyelenggarakan pelatihan manajerial bagi para pengelola telecenter baru tersebut. Pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari dilaksanakan di Desa Pasru Jambe, tepatnya di Telecenter Semeru Lumajang yang diikuti oleh 24 orang dari enam telecenter, meliputi empat telecenter yang dibangun Pemprov bersama Pemkab dan dua telecenter yang terdahulu.

Empat unit telecenter baru yang dibangun oleh Pemprov Jatim bersama Pemkab pada 2008 ini adalah: 1. Telecenter Pasir Putih Kabupaten Situbondo, 2. Telecenter Sunan Drajat Kabupaten Lamongan, 3. Telecenter Global Kabupaten Pamekasan, 4. Telecenter Prameta Kabupaten Tuban. Sedangkan dua telecenter yang telah dibangun terdahulu Telecenter Muneng Kabupaten Madiun dan Telecenter Semeru Kabupaten Lumajang.

Penanggungjawab pembangunan telecenter Jawa Timur, Ir. Miswan Hadi dalam laporan pembukaan mengatakan bahwa, "Pelatihan manajerial ini merupakan bagian dari paket kegiatan pembangunan telecenter dengan harapan dapat memberikan tambahan wawasan dan ketrampilan, sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas dilapangan. Pelatihan yang dipandu oleh para praktisi pemberdayaan, lebih diarahkan pada aspek implementasi, termasuk praktek lapangan untuk melakukan perencanaan bersama masyarakat melalui materi Mengenal Desa Sendiri (MDS)".


KERAJINAN KERANG SEBAGAI SALAH SATU PENOPANG PEREKONOMIAN

|0 KOMENTAR TERBAIK


KERAJINAN KERANG SEBAGAI SALAH SATU PENOPANG PEREKONOMIAN
Kamis, 30 November 2006

Sebagai salah satu wilayah penopang ekonomi Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, kehidupan masyarakat di sepanjang pantai Pasir Putih, tampak nyata.

Setiap akhir pekan dan hari libur, sebagian warga Situbondo dan sekitarnya membanjiri tempat wisata yang terdapat di sepanjang pantai. Mulai dari Pantai Mimbo, Pantai Bama, Pathek, Pasir Putih, hingga Ujung Kulon Pantai Tampora. Disepanjang Pantai ini pula, denyut perekonomian sangat terasa. Banyak dijumpai para pedagang sekaligus pengrajin aneka kerang.

Salah satunya HARSIH/ Hj. Mubarok. Seorang ibu dari Desa Pasir Putih, yang mulai menekuni kerajinan kerang dirumahnya mulai tahun 1983. Dengan sedikit modal uang dan berbagai jenis kerang yang sudah tersedia di sepanjang pantai, Hj Mubarok dan keluarganya memutar otak memanfaatkan potensi kerang hingga bisa dijajakan di Pantai Pasir Putih. Dibuatlah bermacam koleksi, mulai dari souvenir berupa aneka barang rumah tangga misalnya: wastafel, kloset, piring, asbak,




pigura, tempat kue, tempat sabun, tempat lampu, gantungan kunci, tempat kaca, jam (dan lain - lain yang bahan dasarnya dari kerang dan bambu) bahan bakunya tersebut banyak mengambil dari dalam kota (Situbondo).

Proses pembuatannya relatif mudah dan dikerjakan oleh 21 orang pengrajin yang berasal dari daerah Klatakan, Wringinanom, Mlandingan, Bungatan, dan Panarukan. Pengalamannya sebagai pengrajin kerang-kerangan dengan cara menyusuri Pantai, membuka wawasannya. Ia tahu persis, kekayaan kerang di Selat madura sungguh melimpah ruah.

Ibu Harsih lebih senang mengubah kerang jenis simpring atau tiram, menjadi aneka jenis peralatan rumah tangga. Seperti piring, tempat tissue atau nampan. Bisa dibilang, jumlah rupiah yang dibutuhkan sebagai modal, cukup untuk membeli bahan-bahan untuk membuat kerajinan. Modal lain yang justru lebih penting adalah tekad, kesabaran dan ketekunan, karena kerang-kerang ini tak langsung dibentuk.



Setelah kotorannya dibersihkan, kerang jenis simpring ini lalu, selanjutnya direndam dengan cairan kimia (kaporit) hingga kerang menjadi bersih, sehingga mudah dibentuk sesuai selera. Setelah kering dan menjadi keras kembali, lalu diamplas hingga halus. Terakhir diberi lapisan resin catalis, hingga tampak licin dan keras.

Sebagai pengrajin kerang, Ibu Harsihpun punya harapan menjadi eksportir. Sayangnya, masalah pemasaran, membuat impiannya hanya sebatas angan-angan. “harapannya usaha harus ada peningkatan bagaimana pasar itu dapat langsung dipasarkan melalui Kabupaten Situbondo tidak melalui kota lainnya dan tanpa perantara seperti Bali, tegas H. Mubarok” yang juga pengrajin kerang-kerangan.

Sosialisasi Telecenter Pasir Putih

|0 KOMENTAR TERBAIK

Sosialisasi Telecenter Pasir Putih


Hari ini (7 Nopember 2006), penggunaan teknologi informasi dan komunikasi internet, telecenter bagi masyarakat miskin pedesaan di Jatim resmi beroperasi. Dengan telecenter diharapkan dapat meningkatkan akses informasi kepada masyarakat pedesaan tentang kesehatan, pendidikan, maupun informasi pasar.

Peresmian yang ditandai dengan Sosialisasi yang dihadiri oleh Bapak Bupati Situbondo, Jajaran Muspida, Jajaran Muspida, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan Kepala Badan Pengelolaan Data Elektronik (BPDE) Propinsi Jatim, Ir Asianti Oetojo S MSi, Dalam Sosialisasi ibu Ir Asianti Oetojo S MSi, mengatakan bahwa pemerintah kabupaten (pemkab) yang daerahnya dijadikan lokasi berdirinya telecenter diharapkan dapat memberikan bantuan, baik sumber daya manusia maupun dana operasional supaya penggunaan telecenter tidak mengalami stagnan (kemandekan). “Mengutip pernyataan Presiden SBY, bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan tepat akan menjadikan masa depan cerah dan membuat kehidupan lebih maju bagi masyarakat,” katanya.

Lokasi telecenter berada di Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo dengan nama Tekhnologi Informasi Komunikasi Masyarakat Desa ( TIKMD ) telecenter Pasir Putih.

Untuk suksesnya penyelenggaraan telecenter bagi kegiatan pemberdayaan masyarakat, memperhatikan dua hal utama yakni bagaimana telecenter dapat benar-benar membantu dan bermanfaat bagi orang miskin dalam mendapatkan penghasilan. Langkah yang akan diambil adalah memerlukan ide-ide inovatif pemanfaatan telecenter dan kemitraan serta partisipasi masyarakat, pemerintah, kalangan akademisi, LSM dan swasta. “Inilah yang menjadi dasar pemikiran diselenggarakannya workshop ini, yakni mencari mitra-mitra yang dapat bekerjasama dengan telecenter. Yakni, kegiatan sosial dan bisnis seperti pengembangan informasi, pelatihan, pengadaan pelayanan, perbaikan produksi, peningkatan jumlah kemasan, dan pemasaran,” tuturnya.

Sekadar diketahui, di setiap lokasi proyek percontohan telecenter dilengkapi dengan delapan unit komputer, dua unit printer, jaringan dan sambungan ke internet. Telecenter juga menyediakan perangkat multimedia seperti televisi, camera digital, VCD, CD Rom, LCD dan lain-lain untuk dimanfaatkan secara penuh oleh masyarakat. Masyarakat yang ingin menikmati telecenter akan didampingi operator (tenaga administrasi teknologi informasi) berpengalaman.

Layanan di telecenter terdapat layanan dasar (email, informasi situs, chatting, mailing list, dan printing). Selain itu, masyarakat juga diberikan pelatihan komputer, internet dan pengenalan dasar tekhnologi informasi komunikasi, Diberikan kemudahan dalam pencarian dan penayangan informasi pertanian, pendidikan, kesehatan, perdagangan/usaha dan pariwisata.

Di lokasi telecenter masyarakat juga dapat melakukan promosi acara lokal, juga layanan untuk UKM, layanan pemerintah, perkumpulan (karang taruna, olahraga, bisnis, arisan, kesenian/kerajinan), perpustakaan, koran atau majalah masyarakat on-line.

Selasa, 17 November 2009

Selayang Pandang

|0 KOMENTAR TERBAIK

Telecenter “PASIR PUTIH

Jalan Raya Pasir Putih Desa Bletok Kecamatan Bungatan

( (0338) 391024 Kabupaten Situbondo 68358

Email : tc_pasput@yahoo.com

Web : www.indonetwork.co.id/tc_pasir_putih



Apa Itu Telecenter ?
Telecenter adalah sebuah wahana / tempat yang menyediakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Telecenter Pasir Putih menyediakan fasilitas internet yang bisa digunakan oleh seluruh warga Desa Bletok pada khususnya atau warga sekitar Desa Bletok pada umumnya untuk mendapatkan dan menyebarluaskan informasi mengenai berbagai hal seperti : Kerajinan, Perikanan, Pertanian, Peternakan, Pendidikan, Kesehatan dan lain – lain.

Tujuan di Dirikannya Telecenter ?

Pendirian telecenter di daerah pedesaan merupakan program pengembangan komunitas lokal dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), untuk itu sebagaimana maksud dan tujuan dibangunnya telecenter, diharapkan telecenter mampu :

1. Memberdayakan Masyarakat dengan kemudahan akses terhadap informasi dasar seperti informasi pasar, pertanian, perdagangan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain;

2. Meningkatkan Kemampuan Masyarakat dalam hal mengakses informasi penggunaan komputer, manajemen telecenter dan lain-lain melalui pelatihan-pelatihan;

3. Mendorong Masyarakat untuk meningkatkan perekonomian setempat dengan kegiatan pembangunan komunitas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi;

4. Mengembangkan Kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk membangun komunitas lokal.


Apa Yang Disediakan di Telecenter Pasir Putih ?

Telecenter Pasir Putih mempunyai 8 unit komputer, 2 unit printer, 1 buah kamera digital, 1 buah Televisi, 1 buah DVD Player, dan 1 unit perangkat LCD Projector. Semua komputer terhubung dengan jaringan internet.


Bagaimana Kalau Saya Tidak Bisa Menggunakan Komputer / Internet ?

Telecenter Pasir Putih menyediakan fasilitas training (pelatihan) berupa pengenalan singkat ke komputer, pembelajaran MS. Word dan internet. Kalau anda sama sekali tidak bisa mengoperasikannya, petugas operator kami akan siap melayani.


Apa Keuntungannya Bagi Masyarakat Desa ?

Telecenter Pasir Putih menyediakan fasilitas internet yang digunakan untuk mencari segala informasi yang dibutuhkan dan dapat pula digunakan oleh masyarakat desa untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian melalui korespondensi dengan orang lain atau perusahaan di berbagai penjuru dunia baik Informasi terkini maupun informasi terlama bisa didapat dan dikirimkan dengan cepat. Selama ini masalah yang dihadapi oleh masyarakat desa disebabkan kurangnya informasi yang baru dan tepat.


Siapa Yang Bisa Memanfaatkan ?

Siapa saja yang berminat mencari informasi baik dalam meningkatkan kesejahteraan ataupun pendidikan bisa memanfaatkan fasilitas internet di telecenter. Contohnya petani, peternak, pengrajin, pedagang, guru, murid, pegawai, dan siapapun bisa mendapatkan manfaat dari internet asal positif thinking .


Apakah Penduduk di Luar Desa Bletok Boleh Memanfaatkannya ?

Boleh, Telecenter Pasir Putih menyediakan waktu untuk pelayanan umum. Masyarakat di luar Desa Bletok maupun Kecamatan Bungatan dapat memanfaatkannya terlebih – lebih dari luar Kabupaten situbondo.


Bagaimana Internet Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Desa ?

Internet hanya menjadi sarana. Telecenter Pasir Putih menyediakan sarana informasi dan mengajak masyarakat desa untuk berhubungan dengan pihak lain dalam bentuk pelatihan dan kemitraan. Informasi dari internet berfungsi sebagai langkah awal untuk menyelesaikan masalah yang kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan yang lain.


Apakah Ada Sisi Negatif Dari Internet ?

Ibarat sebuah pedang, yang bisa berfungsi sebagai alat pelindung tetapi juga bisa menjadi alat penganiaya. Demikian juga internet bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi yang berguna tetapi bisa juga disalahgunakan untuk hal – hal yang negatif. Telecenter Pasir Putih dikelola dengan prinsip memanfaatkan kegunaan positif dengan mengontrol kemungkinan penyalahgunaan internet.


Kapan Saya Dapat Memanfaatkannya ?

Telecenter Pasir Putih terletak di Jalan Raya Pasir Putih Desa Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Buka setiap hari kerja dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB.


Berapa Biayanya ?

Rp 2.000 /jam